Review Kuliah Umum : Manual Design Perkerasan Jalan

Assalamualaikum wr wb



In this chance. i wanna share something that very important things. firstly, i have some quesion. if this world doesnt has road what can our life became easy ? or if we want to go to some places and there is no road there, how long we can arrive ?  in this case i have learned about why we can make the road from Sutarso Joko Susilo, S.T, M.T and he gave me the ebook "manual desain perkerasan jalan". inside this ebook there are some section.

the first section is struktur perkerasan baru. in this section talks about desain for make the right road, widening of roads, and explains the factors to consider in the design of pavement structures including design details, drainage, and construction requirements.
Manual ini melengkapi pedoman desain perkerasan PtT-01-2002-B dan Pd T-14-2003, dengan penajaman pada aspek – aspek berikut:

a)    Penentuan umur rencana;
b)    Discounted lifecycle cost yang terendah;
c)    Pelaksanaan konstruksi yang praktis;
d)    Efisiensi penggunaan material.


Penajaman pendekatan desain yang digunakan dalam melengkapi pedoman desain tersebut di atas adalah dalam hal–hal berikut:


a)    Umur rencana optimum berdasarkan analisis life-cycle-cost;
b)    Koreksi faktor iklim;
c)    Analisis beban sumbu;
d)    Pengaruh temperatur;
e)    Struktur perkerasan cement treated base;
f)     Prosedur rinci desain fondasi jalan;
g)    Pertimbangan desain drainase;
h)    Persyaratan analisis lapisan untuk PtT-01-2002-B;
i)     Penerapan pendekatan mekanistik;
j)     Katalog desain.

Manual ini membantu mencapai pemenuhan struktural dan kepraktisan konstruksi untuk kondisi beban dan iklim Indonesia.


The second section is REHABILITASI PERKERASAN (Pelapisan Struktural, Pengerikilan Kembali, Daur Ulang dan Rekonstruksi). in this section talks about design for rehability and reconstruction perkerasan jalan there are :


1.     Overlay struktural,
2.     Overlay non struktural,
3.     Daur ulang perkerasan (recycling), stabilisasi dengan foam bitumen, stabilisasi dengan semen.
4.     Analisis overlay menggunakan data lendutan dan lengkung lendutan dengan pendekatan desain mekanistik empiris untuk rehabilitasi jalan dengan lalu lintas berat.

Manual ini merupakan pelengkap pedoman desain perkerasan Pd T-01-2002-B, Pd T-05-2005 dan Pedoman Interim No.002/P/BM/2011, dengan penajaman pada aspek–aspek sebagai berikut:

a.     Pencapaian tingkat pelayanan;
b.     Penggunaan material yang efisien.
c.      Pertimbangan kepraktisan pelaksanaan;
d.     Penerapan analisis biaya siklus pelayanan selama periode analisis keekonomian  (discounted life cycle cost);


Penajaman pendekatan desain yang digunakan dalam melengkapi pedoman desain perkerasan Pd T-01-2002-B dan Pd T-05-2005, adalah pada hal–hal berikut:

a.Umur rencana optimum yang ditentukan dari analisis biaya siklus masa pelayanan selama

   periode keekonomian (discounted life cycle cost);

b. Koreksi terhadap faktor iklim yang mempengaruhi masa pelayanan perkerasan;
c. Analisis beban sumbu yang realistik;
d. Pengaruh temperatur;
e. Struktur perkerasan lapis fondasi stabilisasi semen;
f.  Prosedur detil desain fondasi jalan;
g. Drainase perkerasan;
h. Ketentuan analisis lapisan untuk pd t-01-2002-b (berdasarkan aashto 1993);
i.  Tambahan untuk desain mekanistis;
j.  Desain berdasarkan katalog.

if someone want to know more about this ebook, please comment below and i will give u the ebook

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Mineral Mangan (Mn) Sumbawa: Potensi dan Manfaatnya Dalam Aplikasi Dibidang Industri

Review Seminar : Pengolahan Limbah Galvanis (Zinc Ash) Menjadi Seng Oksida (ZnO) Menggunakan Senyawa Organik

Review Seminar : SINTESIS DAN KARAKTERISASI SILIKA NANOPARTIKEL DENGAN METODE SOL-GEL DARI PASIR KUARSA BELITUNG oleh Insan Akbar Alamsyah, S.T